Edmodo Sebagai Media Belajar Daring (Dalam Jaringan)


Pada era jaman digital seperti saat ini, para pendidik atau guru dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan media belajar. Tujuannya adalah agar siswa tidak merasa bosan dengan metode pembelajaran yang sama setiap saatnya.

Siswa atau pelajar saat ini sudah terbiasa menggunakan gadget atau smartphone dimana mereka lebih banyak menghabiskan waktu atau interaksi dengan alat ini. Nah, mengapa guru tidak memanfaatkan moment ini ?
Dengan penggunaan smartphone atau gadget yang tepat guna akan memberikan suasana belajar siswa lebih asyik & berbeda (ini menurut saya sih..he he he).

Namun tidak ada salahnya sebagai pendidik atau guru untuk mencoba hal ini. Diluar segala pro-kontra tentang penggunaan smartphone / gadget oleh siswa dilingkungan sekolah.

Saya akan menginformasikan suatu fasilitas yang menjadikan ruang belajar online (dalam jaringan) antara guru dan siswa. Fasilitas ini juga mendukung para orangtua untuk ikutserta dalam "Ruang Belajar" ini. Adapun fasilitas ini dinamakan EDMODO.

Saya mengenal / mengetahui fasilitas ini saat pertama kali Kurikulum Pendidikan Menengah Atas berubah yaitu Kurikulum 2013. Dimana saat itu fasilitas Edmodo ini saya gunakan di dalam pembelajaran dengan siswa yaitu matapelajaran Simulasi Digital. Tampilannya yang menarik perhatian siswa, cara berinteraksi di Edmodo seperti kita menggunakan "Facebook"membuat siswa antusias untuk mengikuti setiap informasi yang saya sampaikan.

Agar tidak berlama-lama baiklah saya akan memulai perkenalan menggunakan fasilitas Edmodo. Adapun yang perlu kita persiapkan adalah :
1. Memiliki sebuah akun E-mail (saya sarankan menggunakan Gmail)
2. Memiliki laptop/komputer smartphone/gadget yang mendukung untuk berselancar di dunia maya
3. Membuat akun di Edmodo
4. Mempersiapkan materi ajar yang akan disampaikan pada "Kelas Maya Edmodo"

Baiklah sekarang saya akan tunjukkan cara membuat akun di Edmodo. Amati video dibawah ini ya. Oke, lets go :)





Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar: